ANGKLUNG

Thursday, May 26, 2016

Angklung adalah alat musik bernada ganda yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu dan dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar.

Kini alat musik tradisional Jawa Barat ini sudah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak bulan November 2010. Sebelumnya pada tahun 2008 tercatat pemecahan rekor pemain angklung sebanyak 11 ribu orang di Jakarta dan 5 ribu orang di Washington DC. Kemudian pada tanggal 24 April 2015 lalu, tepatnya pada saat peringatan KAA yang diselenggarakan di Jakarta - Bandung, sebanyak 20.704 orang memainkan angklung di Stadion Siliwangi Bandung dan memecahkan rekor dunia dengan tajuk "Harmony Angklung For The World".

Saat ini ada beberapa jenis angklung yang dikenal dan tercatat dalam kehidupan masyarakat. Ada kalanya jenis angklung tersebut memang memiliki bentuk yang sedikit berbeda atau memiliki bentuk yang sama tetapi digunakan pada jenis seni yang berbeda. Beberapa jenis angklung yang tersebar di Indonesia antara lain seperti dibawah ini :
Angklung Kanekes
Angklung Kanekes

1. Angklung Kanekes

Berasal dari daerah Kanekes, perkampungan orang baduy yang dipergunakan sebagai ritual disaat menanam padi. Yang berhak membuat angklung ini adalah orang baduy dalam, selain itu hanya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membuatnya. Hal ini disebabkan oleh adanya syarat ritual dalam pembuatan angklung kanekes.


2. Angklung Reog

Angklung Reog
Angklung Reog
Digunakan untuk mengiringi tarian reog ponorogo di Jawa Timur. Angklung jenis ini memiliki kekhasan dari segi suara yang sangat keras dan memiliki 2 nada serta bentuk lengkungan rotan yang menarik dihiasi benang berumbai berwarna indah.




Angklung Bali
Angklung Bali
3. Angklung Bali

Angklung bali memiliki bentuk dan nada yang khas dengan budaya
Bali. Bentuknya pun berbeda dengan angklung pada normalnya dan cenderung mirip dengan calung. Masyarakat Bali menyebut alat musik ini dengan Rindik.






4. Angklung Banyuwangi

Angklung Banyuwangi
Angklung Banyuwangi
Berbentung seperti calung dengan nada budaya Banyuwangi. Alat musik ini biasa disebut caruk oleh masyarakat setempat.







Selain itu, masing banyak lagi jenis angklung yang tersebar dalam masyarakat Indonesia.