LYRA

Sunday, May 29, 2016

Lyra adalah alat musik dawai yang terkenal pada masa antikuitas klasik di Yunani. Lyra dari antikuitas klasik ini dimainkan dengan cara dipetik memakai plektrum, seperti gitar atau sitar dan tidak dipetik seperti harpa. Jari-jari tangan yang bebas menahan senar yang tidak dibutuhkan supaya tidak ikut berbunyi. Bentuk lyra mirip dengan harpa kecil, namun memiliki perbedaan-perbedaan tertentu.

LYRA
Lyra

Bangsa Yunani dapat disebut bangsa pemilik musik kuno terpenting bahkan terkena dengan musiknya. Bangsa ini menggunakan musik untuk keperluan ritual kepercayaan. Lima abad sebelum Masehi, musik Yunani yang tergolong etnis-religius ini bagi mereka sangat tinggi kedudukannya. Musik, puisi dan tarian berhubungan dengan erat dan lyra selalu hadir untuk mengiringinya. Gambaran awal lyra dengan 7 senar juga muncul dalam sarkofagus terkenal Hagia Triada.

Para ahli musik pada zaman itu adalah: Aischylos (525 – 456), Sophocles (496 – 406), Pythagoras (sekitar 550), Aristoteles (384 – 322) dan Aristoxenos (sekitar 325).

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment