ACCORDION

Thursday, May 26, 2016

Accordion merupakan alat musik yang berasal dari Jerman pada abad ke-19 dan tersebar luas diseluruh dunia. Bentuk dasar alat musik ini diyakini telah diciptakan di Berlin pada tahun 1822 oleh Christian Friedrich Ludwig Buschmann. Walau begitu, alat musik accordion ini pertama kali dipatenkan pada tahun 1829 oleh Cyrill Demian.

Secara tradisional, accordion digunakan untuk pertunjukan musik rakyat dan light classical music. Tetapi pada masa kini, alat ini sudah berbaur dan dimainkan dalam berbagi jenis musik seperti musik pop, rock, classical music bahkan turut dimainkan dalam iklan.

Accordion ini memiliki bagian-bagian yang bersifat universal, diantaranya bellow, tubuh, palet dan bagian lain yang variabel. Tubuh terbuat dari 2 kotak kayu yang menyatu dengan bellow. Didalamnya merupakan ruang buluh yang akan mengeluarkan suara atau bunyi. Sedangkan palet yang berbentuk seperti katup, mempunyai fungsi sebagai pengontrol masuk dan keluarnya udara ke dalam alat musik tersebut. Sedangkan bellow merupakan bagian yang menciptakan kevakuman dan tekanan udara yang digetarkan sehingga menghasilkan suara.

Alat ini terbagi mejadi 4 jenis secara garis besar, yakni :

Diantonis Accordian
Diantonis Accordian
Piano Accordians
Piano Accordian
Chromatic & Bayan Accordians
Chromatic & Bayan Accodians
Concertinas Accordians
Concertinas Accordians