KOTO

Friday, May 27, 2016

Koto adalah salah satu alat musik tradisional di Jepang yang menyerupai bentuk kecapi di Indonesia. Alat musik ini masuk ke Jepang sejak abad ke-7 dan biasanya dikenal sebagai alat musik istana. Koto memiliki 13 dawai yang dibuat dari sutera, tetapi zaman sekarang dawai menggunakan bahan lain seperti sintetis.

Koto
Koto
Sejak abad ke-17, koto biasanya dimainkan secara tunggal tanpa iringan alat musik lain.  Biasanya dimainkan pada acara kenegaraan atau acara penting lainnya.  Walau begitu, koto juga dapat dipandu-padankan dengan musik barat seperti jazz,  pop maupun rock.

Karya-karya legendaris dari alat musik ini berhasil diciptakan oleh maestro bernama Yatsuhashi Kengyo. Maestro inilah yang menciptakan dasar dari lagu-lagu koto yang disebutkan dengan Sakyoku. Karena karya Yatsuhashi lah maka musik koto dicintai oleh warga Jepang dan akhirnya diakui sebagai musik tradisional Jepang. Beliau sendiri telah meninggal dunia pada tahun 1685 yang merupakan tahun kelahiran Bach yang merupakan komposer musik klasik yang terkenal hingga saat ini.