CELLO

Thursday, May 26, 2016

Cello atau Violoncello merupakan alat musik yang masuk keluarga biola. Ia berukuran lebih kecil dibandingkan double bass namun lebih besar dibandingkan biola. Alat musik ini merupakan instrumen yang wajib ada dalam pertunjukan musik klasik Eropa khususnya Italia. Di Indonesia sendiri kurang begitu dikenal karena memang tidak biasa dimaikan dalam pagelaran musik tanah air.

Cello
Cello
Jumlah dawai yang terpentang di alat musik cello sama jumlahnya dengan biola yaitu sebanyak 4 buah. Bila biola dimainkan sambil berdiri dan lebih atraktif bagi pemainnya, maka cello yang kebanyakan dimainkan sambil duduk dalam posisi berdiri diantara dua kaki si pemain cello.

Bahan pembuatan cello biasanya terbuat dari kayu, walaupun beberapa cello saat ini banyak yang terbuat dari serat karbon. Cello tradisional memiliki bahan atas terbuat dari kayu spruce dengan maple untuk bagian belakang. Bagian sisi dan lehernya menggunakan bahan kayu yang lain seperti poplar atau willow. Dawai-dawai cello modern biasanya terbuat dari baja, nilon, usus atau bahan-bahan inti sintetis lainnya yang dilapisi dengan berbagai gulungan logam.

Ada beberapa cello terkenal di dunia dan beberapa dari mereka yang dimiliki oleh cellis terkenal. Salah satu cello yang paling terkenal adalah "The king" yang dibuat oleh Andrea Amati sekitar tahun 1550 dan saat ini dimiliki oleh Museum National Music.