SITAR

Friday, May 27, 2016

Sitar merupakan perpaduan alat musik gitar dan biola. Merupakan keluarga besar alat musik kecapi yang dimaikan dengan cara dipetik. Alat bersenar ini memiliki 5  hingga 7 tali dawai untuk melantunkan melodi dan juga memberikan efek dengung.

Instrumen ini dominan digunakan dalam musik klasik Hindustan dan dimainkan sebagai iringan untuk tari di India. Biasanya sitar dimainkan bersama dengan alat musik lain seperti tabla, sarod dan tambura.  Alat ini dibawa oleh orang-orang Timur Tengah yang hijrah ke India pada tahun 1800an dan diterima dengan baik sebagai alat musik khas oleh India Utara.

Pembuatan sitar sendiri bisa dikatakan sangat kompleks. Alat musik ini dibangun dari kombinasi kayu mahoni, kayu jati, kayu hitam, tanduk rusa bahkan tulang unta. Walau begitu, terkadang bahan sintetis dijadikan pengganti dalam pembuatannya. Alih sitar juga harus melihat instrumen, kualitas suara dan penampilan dengan detail untuk dapat menghasilkan sebuah sitar yang berkualitas.

Saat ini sitar telah masuk dalam daftar alat musik unik dan langkah. Di Indonesia sendiri saat ini hanya ada sekitar 6 orang yang dapat memainkan alat musik sitar. Salah satunya adalah Hartoyo Hardjo Soewito yang merupakan kelahiran Madiun, 21 Mei 1979.
Sitar
Sitar