UILLEANN PIPES

Sunday, May 29, 2016

UILLEANN PIPES
Uilleann Pipes
Uilleann pipes merupakan alat musik khas Irlandia yang  hampir menyerupai alat musik yang terdapat di Skotlandia, scottish pipes. Uillean pipes adalah alat musik  yang sering dipertunjukan secara tunggal/solo, selain itu alat musik ini juga digunakan sebagai alat musik pengiring tari yang termasuk ke dalam jenis jig. The Gender in The Pratie Hole merupakan salah satu lagu yang lazim dimainkan pada alat musik uilleann pipes.

Dalam konsep ensambel, pertunjukaan musik Irlandia dipengaruhi oleh gaya musik
bluegrass yang berasal dari Amerika Utara. Keterampilan musisi bermain secara tunggal sangat ditonjolakan dalam pertunjukan ensambel musik tradisional Irlandia. Masing-masing pemain bergantian bermain secara solo sementara yang lain memainkan akord. Walaupun kental akan akulturasi dari bangsa lain, akan tetapi masing-masing alat musik tradisional Irlandia tetap memiliki identitas dari masyrakatnya. Musik tradisional masyarakat Irlandia banyak difungsikan sebagai iringan musik tari dan pada umumnya berkarakter riang.

Alat musik ini termasuk dalam klasifikasi alat musik tiup (aerophone) dan juga termasuk dalam kelompok alat musik bagpipe yang tersebar di seluruh daerah Eropa, Asia dan Afrika. Menurut sejarahnya, instrumen ini mulai muncul pada awal abad ke-18 di Irlandian dan Inggris yang kemudian dikembangkan dalam bentuk modern selama dalam kurun waktu 50-60 tahun sampai pada saat ini. Namun pada uilleann pipes, terdapat pipa melodi yang dapat menjangkau nada sampai tingkatan 2 oktaf, sangat berbeda dengan bagpipe yang ada di daerah lain.

Instrumen khas Irish ini memiliki penambahan bellows sebagai alat pompa udara sehingga udara bukan dihasilkan dari tiupan mulut tetap melalui pompa (bellows). Pada pipa melodinya, terdapat 10 lubang yang salah satunya terdapat dibagian bawah instrumen sehingga harus dimainkan dengan lutut. Hal ini mengharuskan pada musisi yang memainkan uilleann pipes harus bermain dengan posisi duduk.